Informasi mengenai harga dan spesifikasi Toyota Agya 2023 akhirnya terungkap, terlebih setelah world premiere-nya dilakukan di Jakarta pada Senin (13/2/2023). Ubahan dari LCGC berlogo T ini cukup banyak, mulai dari eksterior, interior, fitur, hingga mesin 1.2 liter yang serupa dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.
Di mana untuk dimensinya, Agya Gen-2 lebih bongsor dengan panjang total 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian interiornya juga lebih lega, lantaran punya jarak sumbu roda 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya Gen-1.
“Secara harga (Agya terbaru) masih dalam segmen LCGC, walau platformnya baru dan improvement sangat banyak,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor, Henry Tanoto dalam sesi tanya jawab dengan wartawan.
Walau begitu yang tidak kalah menarik, Toyota Agya Gen-2 kini menempati dua segmen berbeda. Ada yang masuk LCGC, serta ada yang masuk ke segmen city car yaitu lewat varian GR Sport. Harganya sampai sekarang belum diumumkan. Dugaan kami untuk LCGC masih di bawah Rp 200 jutaan. Sementara Agya GR Sport bisa di atas Rp 200 jutaan.
Khusus Agya GR Sport 2023, ubahannya cukup banyak. Dari sisi tampilan jauh lebih sporty baik eksterior dan interior. Kemudian ada warna two tone. Ditambah lagi ada spesial tuning di bagian setir dan suspensi supaya rasa berkendaranya semakin menyenangkan.
Mau tahu lebih detail soal spesifikasi dan harga Toyota Agya 2023 dengan rangka TNGA? Apakah fiturnya benar semakin mirip Toyota Raize? Kami kupas lewat artikel di bawah ini:
1. Mesin Agya Terbaru Lebih Irit BBM
Spesifikasi Toyota Agya 2023 yang pertama adalah performa mesin. Pabrikan berlogo T mengatakan bahwa city car ini pakai mesin sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, soal kubikasinya adalah 1.200 cc.
Bagaimana dengan torsi dan tenaganya? Ternyata sama persis dengan Raize. Toyota Agya Gen-2 menggendong mesin berkode WA-VE 3-silinder dengan kubikasi 1.200 cc. Jantung pacu ini memiliki tenaga 88 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimal 113 Nm pada 4.500 rpm.
Di atas kertas, mesin WA-VE ini lebih besar torsinya dibanding mesin Agya Gen-1 yaitu 2NR-VE. Selain itu, pastinya dari sisi ramah lingkungan punya emisi gas buang lebih baik. Penggunaan mesin yang sama dengan Rocky dan Raize, juga seharusnya menjadikan ongkos produksi dari Agya Gen-2 lebih murah.
“Walau pun (mesinnya) sama, tapi karena mobilnya beda, performanya berbeda (untuk Toyota Agya dan Raize,” kata Chief Engineering Toyota Motor Corporation (TMC), Toshihiro Nakaho.
Dalam hal angka, torsi Agya Gen-2 meningkat 20 persen dibanding model lama. Kemudian akselerasinya dari 40 km/jam ke 80 km/jam cuma 6,7 detik alias lebih menyenangkan untuk menyalip kendaraan lain.
Kemudian Toyota juga sudah terbuka soal konsumsi BBM Agya 2023 yang diklaim lebih irit dibanding model lama. Khusus varian D-CVT, bisa menghemat bensin hingga 21 km/liter atua lebih irit 0,3 km/liter dari Agya Gen-1. Kemudian Agya Gen-2 dengan transmisi manual, konsumsi BBM-nya bisa tembus 21,8 km/liter, lebih hemat 1,2 km/liter dari generasi sebelumnya.
2. Interior Toyota Agya 2023
Spesifikasi Toyota Agya 2023 selanjutnya adalah interior. Dalam presentasinya, pabrikan berlogo T memperlihatkan bawah kabin mobil ini lebih lega dibanding sebelumnya. Bicara dimensi Agya Gen-1, panjangnya 3.660 mm, lebar 1.600 mm dan tinggi 1.520 mm.
Sementara untuk Agya Gen-2 punya bodi dengan panjang hingga 3.760 mm atau bertambah 100 mm dibanding model lama. Kemudian jarak sumbu rodanya adalah 2.525 mm atau lebih panjang 70 mm dari Agya Gen-1.
Jika semakin bongsor, tentunya membuat ruang interior dari Toyota Agya 2023 jadi lebih besar. Alhasil pengemudi dan penumpang semakin nyaman saat berkendara, utamanya karena punya ruang kaki (leg room) serta kepala (head room) lebih luas. Sektor bagasi juga pastinya lebih lega, dari foto yang dibeberkan oleh Toyota, Agya mampu menampung 4 koper besar di belakang dengan catatan, jok baris keduanya dilipat.
“Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm,” beber rilis resmi Toyota.
Masuk ke dalam mobil, konsep horizontal design memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty dan berkualitas tinggi. Panel instrumen dan door trim mengadopsi tekstur 3 dimensi untuk memberikan nuansa canggih.
Konsol tengah dan tuas transmisi dipindahkan lebih tinggi untuk menjaga ergonomi pengemudi yang sudah lebih baik berkat pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal. Termasuk ada rombakan pada desain dan layout pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks.
3. Eksterior dengan Warna Two Tone
Kemudian yang menarik dari spesifikasi Toyota Agya 2023 adalah penggunaan warna two tone. Totalnya tersedia dua opsi yaitu: bodi putih dengan atap hitam dan bodi merah dengan atap hitam. Setidaknya ini terlihat dari varian GR Sport.
Bicara tampilan Agya GR Sport, semakin isitmewa dengan pelek two tone besar ukuran 15 inci dengan ban 185/55. Keistimewaan lain ada di body kit yang membuat tampilannya semakin sporty. Kemudian tidak lagi tersemat logo khas LCGC di grille depan, diganti logo Toyota.
Sementara untuk Agya Gen-2 tanpa embel-embel GR Sport, memiliki empat pilihan warna bodi monotone: merah, kuning, putih, dan hitam. Pelek yang digunakan lebih kecil yaitu 14 inci dengan kelir silver, bannya berukuran 175/65. Kemudian tampilannya juga lebih sederhana tanpa body kit dengan logo khas LCGC di grille depan.
Walau begitu yang menarik adalah sistem pencahayaan depan atau lampu depan sudah LED dengan desain lebih pipih. Lalu grille depan dibuat lebih besar dengan dominasi warna hitam.
Bodi juga dibuat lebih bongsor, dimensi Agya terbaru memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm. Kemudian wheelbase 2.525 mm.
4. Fitur Modern dengan Panel Instrumen TFT
Selain itu, bocoran soal Toyota Agya Gen-2 adalah punya berbagai fitur modern. Di bagian kabin, sudah ada panel instrumen TFT ukuran 7 inci yang mirip dengan Toyota Raize. Pastinya ini bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan lengkap ke pengendara.
Lalu ada tombol audi steering switch untuk mengatur fitur hiburan, tanpa perlu melepas setir. Head unitnya, pakai layar sentuh bergaya floating.
Hanya saja bicara Toyota Safety Sense (TSS), sepertinya Agya 2023 tidak akan memilikinya. Pasalnya bila melihat setir yang digunakan, tidak ada tombol di bagian kanan mobil. Oleh karenanya, prediksi kami, TSS belum hadir ke mobil mungil ini.